Minggu, 11 September 2011

Social Network

Hi stezers!!
Pastinya sudah pada tahu atau bahkan akrab dengan "internet", mungkin juga internet sekarang sudah menjadi makanan sehari hari bagi sobat stezers kan?
Apalagi perkembangan jejaring sosial, atau social networking. Situs pertemanan yang merambah pesat di dunia maya ini sangat fenomenal di taun-tahun terakhin ini.

Pada awalnya jika kita ingin berkomunikasi pada orang lain, maka kita harus datang atau menemui langsung kepada orang yang akan kita ajak bicara


Pic from here
Cara ini sangatlah tidak efective  bagi orang yang ingin berkomunikasi kepada orang lain yang jaraknya jauh. Apalagi jaman dahulu transportasi belum secanggih sekarang. Maka membutuhkan waktu yang lama. 



Oleh karena itu berkembanglah teknologi komunikasi, yakni dengan jasa pengiriman. Pengiriman tersebut dilakukan melalui kantor pos, lewat kantor pos kita dapat menghubungi orang yang jauh dari kita dengan menggunakan surat atau telegram.


pic from here

pic from here

Mengingat space yang terbatas pada telegram, maka untuk memajukannya diperkenalkanlah teknologi surat menyurat. Teknologi ini lumayan menguntungkan, tetapi kita harus pergi dulu ke kantor pos. Karena kantor pos itu tidak selalu ada di dekat rumah, sehingga jarak pun masih di perhitungkan dan itu pun tidak flesible atau tidak bisa dibawa kemana mana. 


Maka para cendekiawan pun memikirkan tentang cara yang dapat memudahkan bagi orang untuk berkomunikasi. Dan sekarang telah diciptakanlah telephone rumahan ataupun telephon genggam.


pic from here


Telephone rumah menggunakan koneksi jaringan tetap yang membutuhkan perangkat yang berupa medium padat, baik melalui kabel logam atau serat optis. Jaringan tetap biasanya digunakan jika mobilitas tidak dibutuhkan atau jika tidak ada layanan selular. Komunikasi melalui jaringan tetap biasanya juga lebih aman, karena tidak dapat disadap atau dicuri dengar tanpa akses fisik ke jaringan dan biasanya jaringan tetap biayanya lebih murah.

pic from here


Perangkat teekomunikasi elektronik yang kemampuannya hampir sama dengan telephone rumah, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan menggunakan medium gelombang udara. Karena telephone genggam atau disingkat dengan "HP" ini menggunakan medium udara orang-orang lebih mudah dan flexible dalam berkomunikasi. Mereka dapat berkomunikasi di sembarang tempat. Tidak pandang , asal kita punya pulsa dan ada signal yang kuat, kita dapat berkomunikasi dengan santai.


Dan sekarang, alat komunikasi pun tidak berhenti sampai disitu, karena adanya komputer atau laptop yang dihubungkan dengan koneksi internet, kita tetap bisa melakukan interaksi komunikasi.


pic from here
pic from here


Karena komputer tidak mudah ntuk dibawa kemana-mana, maka tercipta laptop atau komputer jinjing.  Laptop dapat dikoneksikan dengan internet melalui WI-FI. Karena  tidak disembarang tempat terdapat WIFI maka koneksi internet dapat dihubungkan dengan modem.

pic from here

Nah, karena sebagian besar orang telah melakukan komunikasi melalui internet, sekarang dibangunlah sebuah jejaring sosial yang bertujuan untuk memudahkan kita dalam berhubungan kepada semua orang, baik yang dekat maupun yang jauh, bahkan sampai mencakup seluruh dunia, tidak terbatas areanya. Tidak hanya sekedar bicara tetapi kita dapat berkomunikasi bertatap muka, banyak contoh dari jejaring sosial, yaitu :



  • Facebook :  Facebook adalah sebuah jejaring sosial yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, di dalam facebook kita  dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, dan memiliki pemberitahuan secara otomatis ketika kita memperbarui profilnya. Berbagai fitur telah tersedia pada layanan ini. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
  • Twitter :
    Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. yang  berupa mikroblog sehingga memungkinkan kita untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (
    tweets). Fitur yang di sediakan pun tidak kalah lengkap dengan facebook
  • Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
    Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, dan sampai sekarang pun antusiasme penggunanya pun sangat banyak.
  • YouTube :
    YouTube adalah sebuah situs web
    video sharing yang sudah terkenal  dimana-mana. Disini kita dapat meng-upload video secara gratis Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik, film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. jadi tidak heran jika banyak band yang menggunakan Youtube sebagai sarana promosi.
  • Dan lain sebagainya : masih banyak situs jejaring sosial yang telah dipublis dan di minati banyak orang.
Jadi tanpa kita sadari kemajuan teknologi yang sangat cepat ini memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk berkomunikasi dengan cepat, tepat dan fleksible.


@renifal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar