Sabtu, 17 September 2011

Komik: Let's Draw!

Pict from here
Good day, Stezers! Diantara kalian, anak-anak muda dan remaja, pasti banyak yang gemar membaca series komik yang pada umumnya didominasi oleh komik-komik asal negara sakura, Jepang, seperti; Bleach, Naruto, Fairy Tail dan lainnya. Tetapi pernahkan kalian terpikir untuk membuat komik asli gambaran tangan kalian sendiri?



Bagi kalian yang punya bakat dan hobi menggambar atau membuat animasi grafis, tidak ada salahnya untuk mendalami dunia sastra prosa modern ini. Pada saat ini dunia perkomikan Indonesia sudah mulai bangkit melahirkan para komikus-komikus berpotensi yang tidak kalah saing dengan komikus dan mangaka mancanegara. Lebih dari itu, banyak kreasi-kreasi yang dipublikasikan dan dicetak merupakan komik-komik buatan anak-anak dan remaja Indonesia. Namun tetap saja kebanyakan komik-komik bagus merupakan buatan master-master komikus Indonesia. Misalnya saja komik berjudul ATLAS dengan komikusnya, Susanto. Pria kelahiran 04 October 1979 ini dapat dibilang sukses untuk mengorbitkan komiknya dalam bentuk cetak dan dapaat ditemui di Toko Buku Gramedia dan didistribusikan sebagian melalui Indomaret Jakarta - Bandung. Berikut ini tampilan depan komik bertitlekan ATLAS tersebut:


 Pict from here

Banyak juga situs-situs yang menyediakan jasa publishing komik seperti yang tengah populer diantara para komikus Indonesia pada saat ini, yaitu ngomik.com. Selain itu masih ada juga komikoo.com, kaskus.com, komikindonesia.com dan masih banyak lagi yang menyediakan jasa publishing komik. Di situs tersebut kita bisa mengupload dan publish komik buatan kita sebagai komik online sehingga dapat dibaca oleh orang lain. Sang pembuat situs pun tidak main-main, seperti pada situs ngomik.com, terdapat kategori-kategori yang tidak dapat dijumpai pada situs-situs komik luar negeri pada umumnya, seperti misalnya saja kategori pendidikan dan legenda indonesia. Jadi selain menghibur, kita juga dapat menambah dan berbagi wawasan melalui komik yang kita buat.

Selain itu di situs-situs tersebut juga terdapat sponsor-sponsor seperti koloni, infinyscloud atau IndoManga yang menyeponsori situs ngomik.com dan sangat mungkin mendukung komikus-komikus Indonesia berpotensi dan bertalenta untuk dapat mempublikasikan serta mengorbitkan komik-komik karya Indonesia ke dalam bentuk media cetak yang kemudian dipasarkan. Namun kita juga harus berkompetisi dan bersaing dengan komikus-komikus lain untuk dapat memperoleh sponsor-sponsor tersebut.

Wah, karya-karya generasi Indonesia ternyata semakin kreatif saja ya?
Majulah dunia sastra modern Indonesia, mari terus berkarya membangun negeri! Ossu :)

@mbaknde

2 komentar:

wahid komik lover mengatakan...

sekarang ada situs buatan indonesia yang khusus upload komik loh.... buka aja http://www.ngomik.com/
kalo pengen liat komikku
http://www.ngomik.com/wnszapdoz >> hehe,, numpang promosi... tapi komik buatanku masih belum sempurna

wahid komik lover mengatakan...

sekarang ada situs buatan indonesia yang khusus upload komik loh.... buka aja http://www.ngomik.com/
kalo pengen liat komikku
http://www.ngomik.com/wnszapdoz >> hehe,, numpang promosi... tapi komik buatanku masih belum sempurna

Posting Komentar