Jumat, 23 September 2011

Bersepeda, Siapa Takut!

pic from here
  Bersepeda? Siapa takut. Zaman sekarang polusi udara dimana-mana. Motor, mobil, truck, dan yang lainnya tak henti-hentinya mengepulkan asap di area terbuka ini. Dan pada akhirnya, kita jugalah yang menanggung akibatnya. Suhu yang semakin memanas membuat penat di kepala. 
   Maka dari itu, bersepeda bisa mengurangi sedikit dari gas emisi tersebut. Selain sebagai hiburan, bersepeda juga bisa memberikan efek positif bagi kesehatan 
kita. Bahkan pemerintah pun mencanangkan gerakan bersepeda bersama pada hari tertentu.   Di Jogjakarta sendiri, memiliki banyak sekali komunitas pesepeda. Contohnya saja komunitas sepeda ontel. Mereka senang bersepeda secara bersamaan dengan ciri khas tertentu. Yaitu dengan menggunakan sepeda onta dan menggunakan baju ala pejuang zaman dahulu.
pic from here
   Terlihatkan dari solideritas mereka. Selain sehat, mengurangi polusi, yang pastinya tetap menyenangkan. Karena rasa kebersamaan mereka yang sangat solid. Biasanya jika ada event bersepeda, maka mereka akan berbondong-bondong mengikuti acara tersebut.
   Selain itu, di negara Jepang juga memiliki fasilitas jalan sendiri untuk para pesepeda.
pic from here
 Mereka sangat suka bersepeda. Dari masyarakat kecil, para pegawai, guru, hingga yang telah menyandang direktur perusahaan pun tidak malu untuk bersepeda. Pemerintah Jepang juga sangat menghormati atas kebiasaan mereka tersebut.
   Selain itu keuntungan yang lainnya dari bersepeda adalah:
  •  Melatih nafas panjang
          Bersepeda melatih kita untuk bernafas lebih lama, sehingga kesehatan jantung kita          lebih optimal. Bahkan senam aerobic pun kalah dengan bersepeda. Jadi bersepeda          lebih efektif dalam memelihara kesehatan jantung.
  •  Menurunkan berat badan
           Taukah anda, jika bersepeda itu mampu mengurangi berat badan anda? Menurut          penelitian para pakar kesehatan, bersepeda selama 15 menit selama 1 minggu, dapat          mengurangi berat badan sebanyak 11 pon seama 1 tahun.
  •  Menambah semangat
           Tentunya bersepeda bersama keluarga maupun sahabat, mampu memberikan efek          keceriaan. Jadi secara tidak langsung bersepeda juga mengusir rasa jenuh, bosan dan          kekosongan.

Setelah mengetahui keuntungan yang didapat dari bersepeda, apakah anda masih berpikir-pikir? Bersepeda tidak harus menjadi rutinitas kok. Membudayakan bersepeda itu sangat baik. Dan tentunya go green dapat dijalankan.

@renifal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar