Sabtu, 20 Agustus 2011

Timeline : Personal Computer

Pic from here
Sejak awal komputer memang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Tapi, apakah anda tahu sejarah komputer sesungguhnya? 


Awal sejarah PC adalah kecepatan dan kepraktisan. Terutama dalam hal hitung menghitung. 
Sebenarnya, pekerjaan manusia sudah dipermudah dengan adanya alat hitung sederhana sejak tahun 3.000 di China dan India. Tapi, langkah menuju otomatisasi masih harus menunggu lama. 



Awalnya pada abad ke-17 para ilmuwan mengembangkan mesin hitung dengan mekanisme yang rumit dan sering terjadi kesalahan. Mesin yang paling terkenal saat itu adalah "Pascaline" dari Blaise Pascal. Dari sini, dibangun banyak versi. Sedang prinsip teoritis yang penting ditemukan oleh Charles Babbage yaitu "Analystical Engine".


Setelah saat itu mulailah berkembang berbagai versi komputer. Tidak jauh beda seperti yang terjadi saat ini, kenyataan bahwa teknologi komputer berkembang cukup cepat juga terjadi pada masa awal ditemukannya komputer dulu. Dan dalam beberapa dekade, PC berkembang menjadi sebuah komputer yang terjangkau bagi semua orang.


skema : Redaksi


Dalam waktu 10 sampai 20 tahun mendatang para ilmuwan akan merealisasikan teknologi komputer kuantum yang dapat bekerja lebih cepat daripada supercomputer yang ada saat ini. Komputer kuantum tidak dapat dibatasi oleh dimensi dan panas yang dihasilkan komputer sisilium.


pic from here

Seiring dengan perkembangan komputer yang semakin pesat saat ini, rasanya tidak ada salahnya jika kita berterima kasih kepada para ilmuwan yang sudah ikut andil dalam perkembangan teknologi hingga saat ini. Dan sebagai generasi penerus, yakinlah bahwa kita juga bisa menorehkan sejarah seperti apa yang telah mereka lakukan.


Referensi : CHIP Magazine, 2009.


@Dhevyariani

1 komentar:

Renifal mengatakan...

perkembangan yang begitu pesat.. tiap tahun banyak teknologi baru yang diciptakan yang bertujuan mempermudah kehidupan manusia, atau lebih instan

Posting Komentar