Jumat, 12 Agustus 2011

Mind Mapping

Pic from here

Sistem KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Apa yang ada di pikiran kalian tentang KBM? Text book kah? Sekarang jaman sudah maju, jadi cara pembelajaran juga harus maju. Iya kan? Sulit memang menghadapi jaman yang sudah modern ini. Semuanya sudah canggih. Terutama dalam bidang teknik. Tapi jangan salah, KBM juga punya cara sendiri dalam menyampaikan materi. Yup, betul “Mind Mapping”.



Apakah Mind Mapping itu??


Disini kita dapat dengan mudah menggali informasi dari dalam dan dari luar otak kita, cara yang memungkinkan kita mendapatkan banyak ide, menyalurkan kreatifitas kita, dan juga menyampaikan materi secara mudah, gamblang dan tentunya menarik. Mengapa memilih mind mapping? Tony Buzan sang pencetus Mind Map berpikiran bahwa apabila kita belajar secara text book maka akan cepat lelah dan bosan, karena yang bekerja hanyalah otak kiri. Sedangkan mind map kita dimungkinkan untuk belajar dengan seimbang antara otak kanan dan otak kiri. Otak kanan digunakan dalam merancang gambar-gambar yang menjadi simbol-simbol yang menggambarkan materi tersebut. Sedangkan otak kiri digunakan untuk berpikir dan mencerna materi yang disampaikan. Mind mapping yang berkomposisi bentuk dan warna yang membentuk gambar yang terkombinasi secara seimbang memberikan efek yang segar pada mata dan otak kita. Oke, sekarang kita dengarkan bagaimana para siswa berpendapat.






Ike Dewi Wijayanti, salah satu siswa SMK Negeri 2 Depok berpendapat bahwa KBM dengan sistem mind mapping cukup bagus, karena membuat materi yang banyak menjadi simple dan mudah dipelajari. Selain itu, Mind mapping identik dengan bagan dan uraian singkat. 


Mau tau bagai mana contoh tampilan mind mapping? Chek this out!

Pic from here

Pic from here
Pic from here


Tidak ada komentar:

Posting Komentar